Shalat Istikharah (Kitab Shalat Bagian 58)

Shalat Istikharah (Kitab Shalat Bagian 58)

SHALAT ISTIKHARAH

Shalat Istikharah yaitu shalat minta petunjuk yang baik. Umpama seseorang akan mengerjakan suatu pekerjaan yang penting, sedang ia masih ragu-ragu apakah pekerjaan itu baik untuk dia atau tidak. Ketika itu disunnahkan baginya shalat istikharah dua raka''at, sesudah ia shalat dua raka'at lantas berdo'a meminta petunjuk kepada Allah atas pekerjaannya yang masih ragu-ragu ia mengerjakannya itu.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Jabir bin Abdullah: Rasulullah SAW mengajar kami minta petunjuk dalam beberapa perkara yang penting; beliau berkata: Apabila salah seorang kamu menghendaki sesuatu pekerjaan, maka hendaklah ia shalat dua raka'at, kemudian ia berdo'a. HR.Bukhari".

Lafadz Do'a Rasulullah SAW:
"Allahumma inni astakhiruka bi'ilmika wa-astaqdiruka biqudratika wa-as-aluka min fadhlikal-'azhim fainnaka taqdiru wala aqdiru wa ta'lamu wa la a'lamu wa anta 'allamulghujub, Allahumma inkunta ta'lam anna hadzal amra khairun li fidini wama 'asyi wa'aqibati amri faqdurhu li wa yassirhu li. Tsumma barik li fihi wa inkunta ta'lamu anna hadzal amra syarrun li fidini wa ma'asyi wa 'aqibati amri fashrifhu anni washrifni 'anhu waqdur li-al-khaira haitsu kana tsumma ardhini bihi".

Artinya:
"Ya Allah sesungguhnya aku minta petunjuk yang baik dengan pengetahuanMu, dan aku minta diberi kekuatan dengan kekuatanMu, dan aku minta kemurahanMu yang luas, karena sesungguhnya Engkau kuasa, dan aku tidak mempunyai kekuasaan, dan Engkau mengetahui, dan aku tidak mengetahui dan Engkau yang amat mengetahui akan yang ghaib-ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa pekerjaan ini (disebut pekerjaan apa) baik bagiku, buat agamaku, dan penghidupanku dan hari kemudianku, maka berikanlah ia kepadaku, dan mudahkanlah ia bagiku, kemudian beri berkatlah ia kepadaku dan jika Engkau mengetahui bahwa pekerjaan ini jahat bagiku, buat agamaku dan penghidupanku dan hari kemudianku, jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah aku darinya, dan berikanlah kepadaku kebaikan dimanapun juga adanya, kemudian jadikanlah aku orang yang ridha dengan pemberian itu".
HR.Bukhari.
0 Komentar untuk "Shalat Istikharah (Kitab Shalat Bagian 58)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top