Shalat Berjama'ah (Kitab Shalat Bagian 19)





SHALAT BERJAMA'AH

Apabila dua orang shalat bersama-sama dan salah seorang di antara mereka mengiikut yang lain, keduanya dinamakan shalat berjama'ah.

Orang yang diikut (yang di hadapan) dinamakan imam, dan yang mengikut di belakang dinamakan makmum.

Firman Allah SWT:
"Apabila engkau (Rasulullah SAW) berserta mereka dalam perperangan, sedang engkau bermaksud hendak shalat dengan mereka, maka hendaklah sebagian dari mereka berdiri untuk shalat beserta engkau. QS.An Nisa: 102".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ibnu 'Umar, katanya: Rasulullah SAW telah berkata: Kebaikan shalat berjama'ah melebihi shalat sendirian sebanyak 27 derajat. HR.Bukhari dan Muslim".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah: Sesungguhnya seorang laki-laki buta telah memberitahukan kepada Rasulullah, bahwa ia tidak ada yang memimpinnya untuk pergi ke masjid dan ia minta supaya dia dibolehkan shalat dirumahnya saja. Rasulullah SAW memperkenankan permintaannya. Dia dibolehkan shalat dirumah tidak usah berjama'ah. HR.Muslim dan Nasai".

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Abu Hurairah, telah berkata Nabi SAW: Kalau tidak karena ada perempuan-perempuan dan anak-anak di rumah-rumah, saya kerjakan shalat 'Isya dan saya suruh pemuda-pemuda untuk membakar rumah-rumah itu serta dengan segala isinya. HR.Ahmad".
0 Komentar untuk "Shalat Berjama'ah (Kitab Shalat Bagian 19)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top