Penjelasan Tentang Shalat Berjama'ah (Kitab Shalat Bagian 21)

Peringatan Tentang Shalat Berjama'ah (Kitab Shalat Bagian 21)




PENJELASAN TENTANG SHALAT BERJAMA'AH

1. Shalat berjama'ah, makan banyak makin baik.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Ubaya bin Ka'b katanya: Rasulullah SAW telah berkata, shalat seorang laki-laki beserta seorang laki-laki, lebih banyak ganjarannya daripada ia shalat seorang diri dan shalat seorang laki-laki beserta dua orang laki-laki lebih banyak ganjarannya daripada ia shalat bersama-sama dengan seorang laki-laki saja. Dan manakala jama'ah lebih banyak, maka jama'ah itu lebih dikasihi Allah. HR.Ahmad, Abu Daud dan Nasai".

2. Masih mendapat kebaikan berjama'ah. bila makmum masih dapat mengikutinya sebelum imam memberi salam; akan tetapi makmum yang mengikut dari mula-mula mendapat ganjaran lebih banyak dari makmum yang mengikut kemudian.

3. Imam hendaklah meringkaskan shalatnya, kecuali kalau makmumnya hanya terdiri dari kaum yang terbatas banyaknya dan mereka suka di perpanjang.

Sabda Rasulullah SAW:
"Apabila salah seorang di antara kamu menjadi imam maka hendaklah diringkaskannya shalatnya, karena manusia itu ada yang tua, kecil, lemah, dan ada yang mempunyai keperluan lain, dan apabila seseorang di antara kamu shalat yang sendirian, maka bolehlah ia memanjangkan shalatnya sekehendaknya. HR.Bukhari dan Muslim".
0 Komentar untuk "Penjelasan Tentang Shalat Berjama'ah (Kitab Shalat Bagian 21)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top