Adzan Shalat Jum'at (Kitab Shalat Bagian 38)

Adzan Shalat Jum'at (Kitab Shalat Bagian 38)

ADZAN SHALAT JUM'AT

Menurut pendapat yang mu'tamad, sesungguhnya adzan Jum'at itu hanya sekali saja, yaitu sewaktu khatib sudah duduk diatas mimbar.

Supaya menjadi perhatian kepada yang ingin menyelidiki sesuatu dengan jelas dan terang, maka disini akan saya salin sedikit keterangan dari Imam Syafi'i yang tersebut dalam kitab beliau "Al-Um". 

Beliau berkata:
 "Seorang yang saya percayai telah mengabarkan kepada saya bahwa adzan Jum'at itu di masa Nabi SAW dan di masa Khalifah pertama dan kedua, dilakukan ketika imam sedang duduk di atas mimbar, maka setelah Khalifah yang ketiga ('Usman), ketika itu orang sudah bertambah banyak, maka disuruh mengadakan adzan sebelum imam duduk di mimbar, kemudian adzan yang asal dilakukan pula. Sejak waktu itu, terjadilah keadaan seperti yang ada sekarang (dua adzan). Berkata Syafi'i: Atha' telah membantah keterangan yang mengatakan Usman yang mengadakan adzan pertama itu, tetapi sebenarnya kata 'Atha yang mengadakan adzan yang seperti itu ialah Mu'awiyah. Kemudian Imam Syafi'i berkata pula: Yang manakah diantara keduanya yang lebih baik? Kataa beliau, pendapat saya, yang lebih baik ialah yang dikerjakan di masa Rasulullah SAW".

Sampai disini sajalah keterangan yang saya salin dari Kitab "Al-Um", karangan Imam Syafi'i.
0 Komentar untuk "Adzan Shalat Jum'at (Kitab Shalat Bagian 38)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top