Mandi Sunnah (Kitab Thaharah / Bersuci Bagian 8)



1. Membaca "Bismillah" pada permulaan mandi.
2. Berwudhu sebelum mandi.
3. Menggosok-gosok seluruh badan dengan tangan.
4. Mendahulukan yang kanan dari yang kiri.
5. Berturut-turut.


Bagi orang yang bermaksud akan mengerjakan shalat Jum'at agar baunya yang busuk tidak mengganggu orang di sekitar tempat duduknya.

Sabda Rasulullah SAW: 
"Dari Ibnu Umar, katanya: Rasulullah telah bersabda: Apabila salah seorang hendak pergi shalat Jum'at hendaklah ia mandi. HR.Muslim".

2. Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Fakih bin Sa'adi, sesungguhnya Nabi SAW mandi pada hari Jum'at, hari 'Arafah, hari raya Fitri, dan pada hari raya haji (Idul Adha). HR.Abdullah bin Ahmad".

3. Mandi orang gila apabila ia sembuh dari gilanya.
Karena ada sangkaan (kemungkinan) ia keluar mani.

4. Mandi tatkala hendak ihram hajji atau 'umrah.

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Zaid bin Tsabit, sesungguhnya Rasulullah SAW membuka pakaian beliau ketika hendak ihram dan beliau mandi. HR.Tirmidzi".

5. Mandi sehabis memandikan mayat.

Sabda Rasulullah SAW:
"Kata beliau: Barangsiapa memandikan mayat hendaklah ia mandi dan barangsiapa membawa mayat hendaklah ia berwudhu. HR.Tirmidzi".

6. Mandi seorang kafir setelah memeluk agama Islam.
Karena beberapa orang sahabat ketika telah masuk Islam disuruh Nabi mereka mandi. 

Sabda Rasulullah SAW:
"Dari Qais bin 'Ashim, ketika ia masuk Islam, Rasulullah menyuruhnya mandi dengan air dan daun bidara. HR.Ahli Hadits selain dari Ibnu Majah".

Perintah ini menjadi sunnah hukumnya bukan wajib, karena ada karinah (tanda) yang menunjukkan bukan wajib. Yaitu beberapa orang sahabat ketika mereka masuk Islam tidak disuruh Nabi mandi.
0 Komentar untuk "Mandi Sunnah (Kitab Thaharah / Bersuci Bagian 8)"

Silahkan Beri Komentar Pada Setiap Postingan Disini Karena Komentar Anda Sangat Berarti Demi Kepentingan Bersama dan Blog ini Tapi Alangkah Baik dan Indahnya Jika Berkomentar Dengan Adab dan Sopan Santun. Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantu di share ya dan tolong bantu klik iklannya.

"Please, Don't SPAM"

Back To Top